Selasa, 02 Desember 2008

kau sakiti aku

“Seandainya gue lebih cerewet dari dia, pasti gue nggak bakal kaya gini. Emang dia pikir gue siapa? Berani-beraninya dia bilang klo gue anaknya sok tau dan apalah. Pokoknya gue nggak terima, harus balas dendam!”
“Lo knapa, Sil? Kok ngomong sendiri ama bakso? emang baksonya kenapa? Dari tadi gue liatin lo ngomong sendiri, kaya orang gila. Ada apa? O..iya, gimana kuliah pertama lo, asyik khan. Dan udah dapat gebetan blom. O..iya adek gue juga kul di sini, anaknya betar lagi juga ke sini. Ntar gue kenalin deh, anaknya cakep lho!”
“Gimana nggak jengkel sich, Mbak. Gue khan ngasih pendapat, gue yakin banget klo pendapat gue itu bener. Eh, tiba-tiba ada cowok yang nylonong ngomong klo pendapat gue itu nggak masuk akal. Dan dia bilang ama Dosen klo dia punya pendapat yang lebih ok dan masuk akal. Dari raut mukanya, emang tuch anak cerewet dan ceplas-ceplos gitu. Ngomongin masalah adek, emang Mbak Vina masih punya adek yang kuliah juga. Katanya Mas Firman, nggak punya adek.”
“Adek sepupu kok, dari Jakarta. Emang lo ketemu sama Firman kapan dan di mana?”
“Tadi di parkiran. Bener nie Mbak, gue pengen banget nampar tuch anak yang udah malu-maluin gue dimuka anak-anak yang lain. Masa seenaknya aja dia motong pendapat gue. Khan pendapat orang khan berbeda nggak masalah. Lagian dia sama sekali nggak menghargai pendapat orang lain banget. Udah gayanya yang sok kenal gitu ama anak-anak yang lain.”
“Udah, nggak usah dipikirin, biasa, anak baru berusaha untuk menjadi yang terbaik! Gue jadi penasaran sama teman lo yang barusan lo ceritain.”
“Ah, jadi malas gue kuliah. Klo ada dia, mana ada kesempatan buat gue untuk mengelurakan pendapat. Nah………., itu dia, Mbak. Jangan nengok sekarang. Coba lo liat arah jarum jam 6, sekarang. Mumpung dia blom mendekat.”
“Hah! Yang lo maksud itu anak.” Mbak Vina menengok ke belakang arah jarum jam 6.
“Haloo, Mbak! Ternyata kalian berteman. Sory ya, masalah yang di kelas tadi, udah bikin lo BT.” sapa cowok yang ternyata adek sepupu Mbak Vina.
Gue dalam batin, seenaknya aja minta maaf. Emangnya dia siapa? Klo ada minta maaf, apa gunanya kata dosa. Dasar tengil!
“Sil! Lo nggak apa-apa khan. Ooo…yang lo maksud tuch, Veno. Kenalin dulu dong! Kalian blom pada kenal khan. apalagi kalian satu kelas. Ven, dia ini anaknya Tante Maya. ”
“Jadi, soudara Mbak Vina dari Budhe. Kenalin nama gue Veno. Lo siapa?”
“Sesilia.”
“Panggilannya?”
“Panggil aja dia Sili. Tadi dia cerita, klo kamu di kelas jadi anak sok kenal dan berani nyangkal pendapat dia, ya. Kamu ini bisa-bisanya sich, Ven, cari perhatian ama cewek. Makanya sekarang Sili agak BT gitu ngliat lo.”
“Khan gue udah minta maaf. Dimaafin khan? lagian nggak baik lo dendam!, dosa.”
Gue pamitan sama Mbak Vina untuk langsung pulang karena udah nggak betah buat ngomong sama Veno yang kebetulan adek sepupu Mbak Vina dari Mamanya. Sempat Mbak Vina nawarin buat pulang bareng, karena kost gue nggak jauh-jauh amat dari kostnya. Paginya, emang gue berangkat ama dia, tapi setelah ketemu ama Veno yang bareng pulangnya, mendingan gue naik angkot. Gue rela kepanasan naik angkutan umum.
Setiap hari Mbak Vina ngajak gue bareng ke kampus dari pada gue naik angkutan umum kelamaan, mending naik mobil lebih cepet. Gue terus menolak, kerena ada Veno. Anaknya, gue nggak begitu suka, sok hebat dan sedikit congkak gitu. Walaupun gue nggak begitu tahu-menahu soal dia, tapi dari wajahnya gue tahu banget, klo tuch anak sok tahu sifatnya.
Untung, gue punya teman yang bisa ditebengin buat pulang. Jadi selama gue nggak bareng sama Mbak Vina gue bareng sama teman sekelas gue, namanya Galih. Mbak Vina pernah bilang ama gue, klo dia yang jadi nggak enak, karena nggak jaga aku seperti apa yang dipesan Mama dan Papaku. Tapi karena gue merasa nggak cocok ama sepupunya Mbak Vina, gue coba jelasin ke orang tua gue masalah itu. Yang bikin kesel, Mamanya Mbak Vina minta kita bertiga kontrak satu rumah. Mbak Vina dan Venonya mau-mau aja, tapi gue terang aja nggak mau serumah sama Veno si tengil di kelas. Selama gue sekelas ama dia, jadi tahu perilaku dia. Anaknya pemuja cewek banget. Semua cewek dideketin. Dasar! Muka tembok, nggak tau malu. Masalah yang begituan nggak gue ceritain ke Mbak Vina, soalnya gue nggak enak aja.
“Sil, gue boleh gabung khan? gue mau ngomong sesuatu nie ama lo. Klo boleh, kita jangan di kantin ngomongnya.”
“Apa susahnya sich tinggal ngomong. Nggak bakal gue suruh bayar makanan kok. Cepetan ngomong, habis ini gue ada kuliah nie.”
“Yach. Denger ya. Gue pengen kita ngomong baik-baik. Kenapa lo yang jadi tengil gitu. Sekarang gue tanya, kenapa selama ini lo ngindar ama gue? Kita khan masih saudara. Masa gara-gara masalah yang dulu, lo sampai kaya gini nilai gue.”
“Eh jangan salah. Bukannya lo yang selama ini tengil ama gue. Buktinya, lo nyangkal pendapat gue gitu aja tanpa pandang dulu siapa gue dan gue saat itu malu banget. Ngerti lo. Dan jangan bilang, klo gue saudara lo. Dan gue nggak ngerasa punya saudara setengil lo. Lo tuch ya, kerjanya nguber-nguber cewek, nggak ada kerjaan lain apa? dan gue nggak punya juga saudara muka tembok kaya lo. Puas!”
“Lo bilang gue apa? tengil, muka tembok. Itu semua, lo.”
“Lo.” Sangkal Sili.
“Lo.” Sangkal balik Veno.
Saat itu semua orang yang ada di kantin melihat mereka. Karena Sili dalam keadaan kalut dan bingung dengan apa yang akan diperbuat langsung dia menyiramkan jus yang ada di atas meja ke muka Veno. Sili, langsung pergi gitu aja ninggalin Veno yang saat itu dalam keadaan basah kuyub.
Dengan kejadian itu, Veno nggak terima dengan apa yang dilakukan oleh Sili padanya. Masalah ini, Mbak Vina tak menahu. Veno mengajak teman-temannya untuk mulai mengerjai Sili dan Galih. Ban mobil galih dikempesin, sampai akhirnya Sili nggak bisa pulang. Dari situ, Veno ngajak Sili balik bareng karena Mbak Vina yang sakit pengen ketemu dia. Saat itu Sili terpaksa ikut ajakan Veno buat pulang bareng. Ternyata dugaan Sili untuk ikut pulang Veno salah. Di tengah jalan, Veno pura-pura mobilnya macet, setelah Sili turun dari mobil, Veno cepet-cepet tancap gas mobilnya untuk meninggalkan Sili di jalan tol sendirian.
“Hei, lo mau ke mana? Dasar tengil. Kurang ajar. Awas lo. Ketemu, bakal gue cincang abis-abisan. Udah panas kaya gini, masa dia seteganya gitu ama gue ninggal di jalan tol.”
“Perlu bantuan, Mbak?” Tanya orang yang lalu lalang naik mobil disepanjang jalan tol.”
“Nggak! Makasih.” Jawab jengkel Sili.
“Kok cantik-cantik galak sich.”
Sampai ujung jalan tol, gue baru dapat taxi. Di dalam taxi gue baru merasakan yang namanya benar-benar lelah. Kaki gue serasa mau patah dan nggak tau apa yang akan gue lakukan sesampai kost dalam keadaan seperti ini. Gue berpikir, tidak akan merespon akal busuk Veno lagi dan gue juga menganggap klo Veno udah nggak ada. Sampai kost, gue baru ngerasa klo kaki gue bener-bener sakit dan saat itu buat jalan serasa nggak enak dan berat. Kira-kira 4 hari gue nggak masuk kuliah, dari situ Mbak Vina kwatir dan akhinya nyari gue ke kost. Gue jadi nggak enak ngerepotin Mbak Vina. Mbak Vina maksa gue buat tinggal sementara di kontrakan yang ternyata Veno tinggal di situ juga. Selama gue di kontrakan, Veno lalu-lalang tak kuperhatikan. Gue menganggap dia hanya arwah manusia tengil yang gentayangan.
“Veno, ambilin air hangat.”
“Buat apa?”
“Nanya buat apa lagi. Lo nggak tau nie kaki Sili bengkak. Udah, sana ambil! Kenapa sich nie Sil kaki lo. Klo lo nggak mampu ikut UKM jangan ikut, gini nie jadinya.”
“Nggak perlu kaya gini deh Mbak. Mendingan Sili balik aja ke kost. Ini udah agak mendingan kok.”
Karena gue udah agak mendingan, gue tulis pesan di pintu kulkas klo gue balik ke kost dan makasih udah perhatikan Sili. Untuk Mbak Vina. Walaupun kaki gue masih sakit, tapi gue tetap bertahan klo gue nggak perlu bantuan cowok tengil seperti Veno. Balik dari tempat Mbak Vina, gue dijemput ama Galih teman seperjuangan menghadapi Veno si tengil.
Gue nggak nyangka klo Veno masih nggak terima apa yang dilakukan Mbak Vina padanya dengan menyuruh-nyuruh dia untuk mengambil segala macam yang diperlukan Mbak Vina buat ngobatin kakiku.
“Gue ingin balas dendam. Kalian harus bisa kasih pelajaran sama Sili. Gue ingin klo dia meraskan benar-benar sakit. Masa kemarin gue disuruh ngambilin air buat kompres kakinya yang bengkak itu.”
“Tapi, Ven. Sili khan masih saudara lo. Lo nggak takut lo bakal dibenci sama keluarga lo yang lain.”
“Masa bodoh!”
Pembicaraan mereka tak sengaja gue denger dari balik tembok yang ngehubungin antara kamar kecil cewek dan cowok. Gue nggak tahu apa yang merasuki pikiran Veno sampai berbuat seperti itu. Karena gue takut Veno akan bertindak yang tidak gue inginkan. Gue langsung pamit ijin pulang dari sekolah dengan alasan sakit.
“Tidak…………………”
Kejadian itu berlangsung cepat, bangun-bangun gue sudah ada di atas tempat tidur rumah sakit. Gue kecelakaan, kaki gue retak dan sampai harus dioperasi. Ada cowok yang bawa gue ke rumah sakit, ternyata dia yang nabrak gue sampai seperti ini.
“Lo nggak apa-apa khan? gue janji bakal bertanggung jawab dengan apa yang telah terjadi tanpa sengaja ini. Gue bukan orang sini. Gue datang ke sini juga mau cari teman gue. Klo boleh tahu alamat lo di mana, ntar bisa gue kasih tau mereka.”
“lo siapa?”
“Gue Sandi. Dan ini teman-teman gue ada Iskak dan ………”
“Gue Febra.”
Cowok yang selama ini menjagaku di rumah sakit ternyata teman Veno yang datang dari Jakarta. Gue sempat berpikir ini ulah Veno. Tapi untuk menduhnya sekarang bukan saat yang tepat, dan takutnya gue yang akan malu sendiri.
“Lo yang nabrak dia, San?”
“Gue nggak tau dan gue nggak sengaja. Kejadian itu tiba-tiba aja. Dia waktu nyeberang seperti orang ketakutan dua hari yang lalu sekitar jam 10-an gitu.”
“Jadi lo datang hari senin kemarin. Jadi lo hubungi gue saat itu lo ada di sini jagain nie cewek? Dan kenapa lo baru hubungi gue sekarang. Lo tahu itu cewek adek sepupu, kakak sepupu gue. Klo dia tahu, lo teman gue mampus aja deh gue.”
“Emang kenapa diantara kalian. Tolong, Ven. Lo jangan tinggalin gue dalam keadaan seperti ini. Gue takut keluarga mereka nggak terima.”
“Setahu gue, Sili nggak seperti itu anaknya. Tapi, klo kakak sepupu gue yang kebetulan kakak sepupu dia juga, pasti nggak terima. Gini aja, yang penting sekarang lo bantu dia untuk terus semangat dan jangan singgung masalah gue karena gue ama dia nggak begitu akrab. Ok!”
Persembunyian Veno dibelakang Sandi, membuat gue curiga ini semua adalah ulah Veno. Karena gue udah nggak betah dijadikan korbannya, gue langsung bilang ke Mbak Vina. Mbak Vina nggak terima atas kelakuan Veno yang urakan dan mengakibatkan gue cedera.
“Kamu puas! Apa ini yang selama ini lo inginkan. Kenapa nggak bikin gue mati aja sekalian. Kenapa lo setega ini melakukan hal itu ke gue, Hah. Apa salah gue sebenernya. Ayo bilang. Sekarang lo lempar batu sembunyi tangan. Kenapa harus teman lo Sandi yang maju. Dasar tengil. Manusia kurang diuntung.” Tangis gue terisak-isak menahan sakit dan menahan emosi yang tinggi pada Veno yang saat itu ketangkap basah sedang bicara dengan Sandi di depan kamar inap gue.
Veno beberapa kali menjelaskan kalau hal itu bukan ide Veno dan itu semua tanpa rekayasa. Selama beberapa bulan Sili terus duduk di kursi roda karena kakinya yang blom maksimal sembuh total. Veno yang sekarang telah berubah menjadi anak baik dan penurut. Kecelakaan itu bisa merubah diri Veno. Karena Sili butuh orang yang bisa menjaganya, sekarang Veno rela melakukan apa aja demi Sili sembuh kembali. Kursi roda tak lagi Sili gunakan. Bukan berarti kursi roda tak digunakan Sili sudah sembuh total. Veno rela antar jemput Sili dari kampus. Semua mata memandang Veno dan Sili yang sekarang sedang lengket-lengketnya.
“Ternyata mereka dari benci bisa ke cinta, ya.”
“Dasar si Veno. Manusia tengil buat Sili, sekarang jadi idaman dan ajudan.”
Sampai gue dan Veno digosipkan pacaran. Ternyata Veno bener-bener suka tipe cewek seperti gue. Veno yang selama ini mencoba mendekati gue, tidak ada artinya. Saat Veno mengutarakan isi hatinya, gue lebih memilih Galih, cowok yang selama ini memberi perhatian lebih ke gue. Gue lebih memilih bersaudara denganVeno tak lebih dari itu. Mbak Vina ternyata suka sama Firman, cowok yang selama ini suka padanya dan seringnya hanya dicuekin. Veno tak pernah putus asa untuk mendapatkan cinta dari gue. Selama gue dan Galih, Veno selalu mencari kesempatan memberi perhatian untuk gue. Karna selama ini dia sering sakiti gue, tak akan kuberikan cinta untuknya. Karna gue juga ingin lo sakit seperti gue. *End**

Tidak ada komentar: